Cara Menanam Pohon Kelor: Mengambil Benih Yang Unggul

Cara Menanam Pohon Kelor
Cara Menanam Pohon Kelor



Cara Menanam Pohon Kelor: Mengambil Benih Yang Unggul - Ikuti Cara Budidaya pohon kelor yang mudah mulai dari persiapan benih hingga penanaman.

Berikut ini tahapan-tahapannya:

1. Persiapan Bibit

Memilih benih biji yang unggul, yang pertama yang dilakukan ialah dengan memilih biji kelor dengan kualitas yang baik dibanding dengan polong yang telah tua. Dengan membuka kulit polong dan diambil biji kelor tersebut kemudian dijemur dibawah terik matahari selama kurang lebih 1 hari, diangkat lalu diletakkan diarea yang teduh, lokasi yang lembab akan memudahkan untuk pertumbuhan tahap awal.

Benih pohon daun kelor unggul
Benih pohon daun kelor unggul


- Tahapan Pemilihan benih
Terlebih dahulu biji direndam didalam air hangat sebelum ditanam, pilihlah biji yang tenggelam karena kualitasnya biji yang tenggelam lebih baik ketimbang yang mengapung.

- Sediakan tempat penyemaian dapat di nampan semaian, pelatik polybag atau juga dapat melakukan penyemaian ditanah dengan membuat bedengan.

- Media diisi campuran tanah dan pupuk kandang,

- Selanjutnya simpan media media penyemaian ditempat yang teduh (Anda bisa mencoba menyimpannya di kamar mandi, namun jangan terlalu dekat dengan percikan air. Hal ini akan memudahkan kecambah untuk tumbuh.

- Kecambah akan mulai terlihat saat berumur 7-12 hari. Setelah tumbuh mencapai 15cm, pindahkan kedalam polybag yang ukurannya lebih besar hingga bibit siap dipindahkan kedalam tanam permanen.

2. Persiapan Bibit Kelor dari Batang

Selain menanam dengan biji, anda juga dapat menggunakan teknik stek batang dengan cara memotong satu tangkai dari batang Kelor yang sudah tua dengan menggunakan pisau yang sangat tajam dengan panjang antara 30 hingga 50 cm. Proses ini hampir mirip dengan menanam ubi kayu.

Hasil Kelor dari Batang
Bibit Kelor dari Batang


Hanya perlu menanam saja di lahan/media tanah. Carilah batang dengan diameter sekitar 3-5 cm. Pemotongan dilakukan dengan datar supaya area akar yang akan tumbuh menjadi semakin banyak.

Masukkan hasil dari portongan tangkai yang akan dijadikan bibit kedalam polybag dan meletakkannya diarea yang teduh, dengan melakukan penyirama ada bibit Kelor.


Setelah tahapan pembibitan selesai, langkah selanjutnya yaitu:

3. Persiapan Lubang Tanam

Lubang tanam yang disiapkan untuk budidaya Kelor ini dengan dimensi 40 x 40 dan memiliki kedalaman 30 hingga 40 cm yang diisi dengan menggunakan pupuk kandang dan juga setelah itu dibiarkan 1 minggu sebelum melakukan penanaman.

4. Tahapan Penanaman 

Bibit dari pohon Kelor yang telah mencapai ketinggian 30-50 cm untuk hasil dari persemaian biji bisa dipindahkan kelahan yang telah disiapkan dengan cara merobek polybag dengan cara perlahan dan juga masukkan bibit ke lubang tanam.

Tutup kembali lubang dengan menggunakan tanah sisa yang ada disekitaran lubang, dan padatkan. Setelah itu lakukan penyiraman.

Bibit dari hasil stek bisa anda dipindahkan jika bibit Kelor telah mengeluarkan daun yang segar dan juga akat telah tumbuh dari batang.

5. Tahapan perawatan

Bibit Pohon Kelor
Bibit Pohon Kelor


Perawatan pohon Kelor tidak sulit, dengan melakukan penyiraman yang rutin serta pemangkasan dari batang saat diperlukan.

Sekian cara budidaya daun Kelor agar menguntungkan dan mudah.

Comments